Our story 

Your image

Leaderonomics adalah sebuah organisasi yang terdorong oleh tujuan utama kami yaitu, mengembangkan kepemimpinan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat dalam segala segi. Fokus kami adalah untuk mentransformasi kepemimpinan. Kami percaya bahwa siapa saja bisa menjadi seorang pemimpin, yang bisa membawa perubahan positif terhadap segala komunitas dan organisasi-organisasi di Indonesia.

Sejak didirikan pada tahun 2008 di Malaysia, kami telah membimbing ribuan pemimpin dari berbagai jenis organisasi seperti PMN, UKM, LSM dan BUMN. Ini semua dilakukan dalam berbagai tingkat kepemimpinan, serta anak-anak dan remaja dari usia 8 hingga 24 tahun dan juga masyarakat yang kurang upaya. Kami telah beroperasi di Malaysia, India dan Thailand dan mempunyai 600 karyawan dan mitra yang sangat berdedikasi. Bersama-sama kami bekerja untuk mencapai misi kami “Growing People into Leaders, Building Communities of Love and Transforming the Nation”. Yang berarti "Mengembangkan Masyarakat untuk menjadi Pemimpin, Membangun Komunitas penuh Cinta dan Mentransformasi Negara".

Nama kami, Leaderonomics

Setiap minggu, ada saja seseorang yang menyebut nama kami dengan cara yang berbeda, dan menurut kami ini sangat menarik. Dari guru kepemimpinan Ram Charan menyebut nama kami “leader-economics” sampai direktur HR sebuah organisasi global menyebut nama kami “leader-romantics”, tiada saat yang tidak membuat kami tersenyum mendengar percobaan orang-orang.

Jadi, mengapa kami menyusahkan banyak orang dengan nama sebuah organisasi yang sangat susah untuk disebut? Kami tahu bahwa leadership atau kepemimpinan adalah sesuatu yang tidak akan mudah bagi siapapun untuk dikuasai. Menjadi seorang pemimpin akan memakan sangat banyak waktu, usaha dan latihan. Tapi setelah menguasainya, seorang pemimpin baik pasti akan bisa mendorong sebuah perubahan dan transformasi yang positif. Seperti nama kami, memang tidak gampang untuk disebut pada awalnya. Namun, dengan latihan terus-menerus pasti anda akan menjadi terbiasa dan tidak merasa kesusahan -- sama juga seperti leadership.

Dari definisi asli, sufiks bahasa Inggris “nomics” berasal dari Yunani νόμος, yang berarti "hukum." Maka dari itu, bidang yang berakhir dengan “nomics” berarti “hukum” dari apapun awalan kata tersebut. Leaderonomics juga bisa diinterpretasikan sebagai hukum atau ilmu pengetahuan (Science) dari leadership. Oleh karena itu, tagline kami adalah “The Science of Building Leaders”.

Founding stories

Roshan Thiran, Founder and CEO of Leaderonomics

"Hampir sepuluh tahun sebelum kami mendirikan Leaderonomics, saya dihadapi dengan sebuah pertanyaan yang sangat mengganggu saya - mengapa komunitas tertentu bisa berkembang pesat sementara yang lainnya merana dalam kemiskinan dan keputusasaan? Lalu, saya memutuskan untuk menjelajahi pertanyaan tersebut dengan menjalankan berbagai eksperimen. Sesuatu yang dimulai dari sebuah proyek kecil, berubah menjadi sesuatu yang menghasilkan wawasan yang mendalam. Pada saat itu, saya menyadari bahwa kepemimpinan adalah sesuatu akan selalu menghasilkan dampak yang terbesar. Memberi sebuah komunitas yang kurang mampu dana sangatlah mudah untuk membantu mereka dengan masalah yang mereka hadapi saat ini. Namun, ini hanyalah solusi sesaat karena apa yang dibutuhkan komunitas-komunitas adalah seorang pemimpin yang bisa mengubah hidup mereka.

Kepemimpinan adalah sebuah kunci yang belum ditemukan oleh komunitas-komunitas yang kurang maju dan belum banyak orang yang membantu mengembangkan kepemimpinan mereka. Dari eksperimen saya, saya juga dapat mengetahui bahwa kepemimpinan bukanlah sesuatu yang genetik tetapi adalah sesuatu yang bisa dipelajari. Proses ini biasanya dimulai dari usia dini. Jadi, bagaimanakah cara untuk memasuki daerah-daerah yang terpencil di dunia yang terus berkembang untuk mengajari kepemimpinan yang berdasarkan dari pengalaman? Saya dan Hui Ming, bersama beberapa dari kawan-kawan kami merenungi dan berdiskusi tentang masalah ini selama berbulan-bulan. Kami mendedikasikan hidup kami untuk mencapai visi kami, yaitu mengubah negara-negara melalui pengembangan kepemimpinan. Kami menyadari, jika kami bisa membantu satu orang untuk menjadi seorang pemimpin, dia akan bisa mengubah komunitas mereka. Jika kami terus mengulangi proses ini terus-menerus, negara-negara bisa berubah. Dan dengan demikian, visi Leaderonomics ditemukan.”

Roshan Thiran

Ang Hui Ming, Co-founder of Leaderonomics

“Ketika Roshan memberikan wawasan yang dia dapati mengenai betapa pentingnya pendidikan kepemimpinan dan betapa sedikitnya itu di negara-negara berkembang terutama di sekolah-sekolah pedesaan, kami semua tahu bahwa ini adalah sebuah panggilan yang membuat kami ingin mendedikasikan jerih-payah kami. Kami dipanggil untuk meninggalkan sebuah dampak positif di dunia ini, dan tidak ada yang lebih memuaskan dari membantu masyarakat untuk mencapai potensi tertinggi mereka. Kebanyakan dari perusahaan sosial memberi sepatu, makanan atau bantuan dana pada rakyat yang kurang mampu, tetapi ini tidak menyelesaikan akar dari masalah di komunitas-komunitas kami. Tetapi, visi dari Leaderonomics adalah untuk memperbaiki permasalahan dari intinya.

Tetapi, tantangan terus berdatangan. Bagaimanakah cara untuk mendanai pembelajaran kepemimpinan kepada masyarakat yang kurang mampu? Kami tahu bahwa kami tidak akan mendirikan sebuah LSM, melainkan sebuah model kepemimpinan yang bisa dibawa ke berbagai negara-negara berkembang. Maka dari itu, kami mendirikan sebuah perusahaan sosial yang menawarkan berbagai pembelajaran dan servis korporat kepada semua bisnis dari seluruh penjuru dunia, dimana segala bakat dan keterampilan kami bisa dimanfaatkan sepenuhnya dan memberi keuntungan kepada kami. Kemudian, kami mengambil dana yang dihasilkan dari layanan ini untuk diinvestasikan ke dalam program komunitas untuk pemuda, mahasiswa dan untuk membantu LSM serta tokoh masyarakat memenuhi panggilan mereka sebagai pemimpin.

Kami mendirikan Leaderonomics, sebuah perusahaan sosial yang unik yang bisa mendanai program kepada komunitas melalui pengembangan kepemimpinan kelas dunia untuk perusahaan-perusahaan. Setiap pagi saya bangun dari tempat tidur saya penuh kegembiraan, karena kami akan mengubah dunia ini, satu orang demi satu orang. Dan kami mau semakin banyak orang untuk bekerja sama dengan kami dalam perjalanan yang menarik ini.

Saat ini, visi ini tetap menjadi detak jantung Leaderonomics -- memberikan pengembangan kepemimpinan kepada semua orang, termasuk mereka yang tidak mampu, terutama kepada anak-anak dan remaja. Dan visi kami semakin menjadi-jadi. Di Leaderonomics, kami sekarang telah bertumbuh menjadi organisasi global namun masih setia kepada panggilan utama kami. Kami juga terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk terus memperkuat program kepemimpinan kami. Penelitian kami sekarang digunakan sebagai landasan kurikulum action-learning kami yang sangat diakui, yang mengeksplorasi bidang kepemimpinan baru termasuk penelitian otak, EQ, kepemimpinan Asia dan sarana baru untuk memimpin. Saat ini, kami sangat bangga bisa melihat banyak organisasi global memanfaatkan layanan korporat kami dan bekerja sama dengan kami di bidang media dan pekerjaan komunitas kami.

Di Leaderonomics, kami percaya bahwa semua orang bisa menjadi seorang pemimpin. Tak peduli apabila anda adalah seorang pemuda yang tertarik kepada suatu sebab, seorang ayah atau ibu yang memimpin sebuah keluarga, CEO yang mendorong pertumbuhan organisasi atau bahkan seorang politisi yang membuat sebuah perubahan. Kami ada disini untuk memberikan pembelajaran dan pengembangan bagi semua orang. Semua bisa dimulai dari tahap kepemimpinan formatif hingga tahap kepemimpinan yang tertinggi untuk memenuhi potensi anda menjadi pemimpin yang seharusnya. ”

Ang Hui Ming

The Science of Building Leaders

Science of Building Leaders (SOBL) Leaderonomics adalah hasil dari penelitian yang luas dalam bidang pengalaman pribadi di tempat kerja dan wawasan dari para pemimpin di seluruh dunia. SOBL mencakup perkembangan kepemimpinan sepanjang rentang kehidupan individu.

Ide utama di balik Science of Building Leaders ini adalah pengembangan kepemimpinan berlaku pada beberapa tahap yang berbeda pada sebuah individu. Semua dimulai dari membangun sebuah fondasi kepemimpinan pada usia dini, lalu kepemimpinan akan dilatih dan bertambah baik di saat mulai bekerja dan menjadi semakin matang pada usia selanjutnya.

Science of Building Leaders